Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Bank Untuk Bisnis Online

Mau buka usaha atau bisnis online, kira-kira rekening bank apa ya, minta rekomendasinya dong mas? Memulai bisnis online memang penting untuk memiliki rekening bank, sebab segala sesuatu dalam transaksi memerlukan bank untuk mempermudah terjadinya jual beli.

Apapun bisnisnya baik jualan produk atau jasa di dunia maya perlu adanya alat untuk membayar, salah satunya adalah rekening bank. Contoh sobat menjual barang, maka untuk menerima pembayaran dari konsumen sobat membutuhkan rekening, atau misal jual jasa juga membutuhkan alat bayar dan menerima pembayaran.



Apakah punya rekening hukumnya wajib bila ingin memulai bisnis online? Jawaban saya tidak wajib tetapi penting. Maksudnya mas? Tidak wajib apabila sobat masih sangat awam dalam dunia bisnis online, lalu bagaimana dengan pembayarannya? bisa dengan meminjam rekening keluarga atau teman dekat sobat untuk menerima pembayaran, nanti ketika bisnis online sudah berjalan lancar sobat bisa mulai membuka rekening pribadi.

Membuka rekening penting itu maksudnya gimana? Memiliki rekening menjadi penting apabila sobat benar-benar meniati usaha online dan merintis secara serius, sebab dengan rekening pribadi sobat bisa membangun kepercayaan konsumen dan tidak jarang dalam bermitra dengan pebisnis bisnis online mensyaratkan harus memiliki rekening pribadi.

Keuntungannya apa mas jika punya rekening bank pribadi?
Keuntungan memiliki rekening pribadi adalah sirkulasi ke uangan dan kontrol penuh ditangan sobat, selain itu konsumen akan lebih percaya kepada sobat apabila ingin membeli produk yang sobat jual dan yang lebih pentingnya lagi keuntungan yang sobat dapat menjadi hak milik sobat sepenuhnya tanpa harus membagi ke untungan terhadap pemilik rekening (jika sobat meminjam rekening orang lain). Ya intinya sih lebih aman dan meningkatkan kepercayaan konsumen.

Kekurangannya apa mas? Saya rasa tidak ada ke kurangannya, hanya saja sobat akan dikenakan biaya administrasi bulanan dari bank tempat sobat membuat rekening. Jumlahnya bervareasi setiap banknya, tetapi hitungnnya murah kok, antara 5rb - 13rb perbulannya.

Owh iya hati-hati juga jika sobat meminjam rekening kepada orang lain, bisa jadi uang sobat di bawa kabur, jadi saran saya sebaiknya buka rekening saja, karena biayanya murah dan syaratnya hanyak KTP.

Kembali lagi ke judul, Kira-kira Rekomendasi Bank Untuk Bisnis Online Apa Ya ?
Dalam memilih bank ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, pertama ke amanan uang, kedua kemudahan transaksi dan informasi, ketiga biaya administrasi murah dan jelas. Oke barang kali masih ada yang bingung, akan saya coba jelaskan.

Keamanan Dana dan Data
Pernah mendengar berita bahwa nasabah salah satu bank di Indonesia kehilangan uangnya secara misterius? Hal ini menandakan bahwa ke amanan dana dalam rekening harus menjadi prioritas dan dijamin oleh bank yang bersangkutan, serta data-data dapat pribadi yang tersimpan di bank dirahasiakan dengan semaksimal mungkin sehingga tidak bisa disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk merugikan sobat.

Nah sekarang kira-kira bank apa ya yang aman? Untuk mengetahui itu sobat bisa cek di google tentang kasus kehilangan uang nasabah terbanyak bank apa? atau yang paling sedikit bank apa? Saran saya ambilah bank yang minim kasus kehilangan uang nasabahnya. Kok tidak langsung di jelaskan saja mas bank apa yank rekomen? Jangan lah, dikira saya promosi atau menjelekkan bank yang bersangkutan. Sobat sebaiknya analisa sendiri ya.

Kemudahan Transaksi  dan Informasi
Dana sudah aman, tapi transaksi ribet, harus ini itu dan lain-lain, ini dapat menghambat mobilitas transaksi sobat, oleh sebab itu pilihlah bank yang memberikan akses semudah mungkin untuk transaksi. Misalnya menyedikan jasa m banking, internet banking, sms banking yang mudah dan aman. Informasi tentang data ke uangan juga mudah diaksesnya.

Biaya Administrasi Murah dan Jelas
Nah ini juga yang cukup sakral, berdasarkan pengalaman dari beberapa rekening yang saya buka, ada banyak kebijakan administrasi yang kurang menyenangkan, misal biaya administrasi yang terlalu bertele-tele dengan rincian ini-itu bahkan saldo terpotong yang entah untuk biaya apa sehingga kadang membuat sebagian nasabah merasa dirugikan.

Saran saya sebaiknya pilih bank yang benar-benar menerapkan biaya adminstrasi yang kongkrit dan jelas, jangan yang bertele-tele dengan potongan ini itu tanpa ada sosialisasi. Nah sekarang saya akan memberikan rekomendasi bank untuk bisnis online berdasarkan pengalaman saya.

Rekomendasi Bank Untuk Bisnis Online Dari Saya
Berdasarkan pengalaman pribdi dari segi kemudahan dan praktisnya, saya rangkum berdasarkan objektive pemikiran saya maka berikut ini daftarnya.

Bank Central Asia (BCA) 
Bank ini saya sangat rekomendasikan, alasannya : Pelayanan yang selalu memuaskan dengan banyak kemudahan serta teknologi perbankan yang selalu diupdate sesuai kebutuhan nasabah. Selain itu bank ini sangat umum digunakan oleh para kalangan pebisnis. Awal saya membuat rekening pribadi saya menggunakan BCA. Silahkan sobat mencoba membuka rekening di BCA dan bandingkan dengan bank lainnya.

Baca juga : Alasan Mengapa Saya Suka Dengan Bank BCA

Bank BRI 
Saya rekomendasikan BRI, karena menurut saya memiliki cabang paling banyak dan menjangkau hingga kedesa-desa yang cukup terpencil, selain itu juga BRI memiliki banyak agen BRIlink sehingga dapat dimanfaatkan oleh banyak orang yang belum memiliki rekening. So secara tidak langsung BRI memiliki banyak sekali nasabah sehingga para pelanggan sobat tidak akan kesulitan melakukan pembelian terhadap produk/jasa sobat.

Bank BNI
Bank satu ini juga layak dipertimbangkan karena jumlah nasabah yang juga banyak akan memudahkan pelanggan sobat untuk melakukan pembayaran, saya sendiri juga pernah membuka rekening di Bank BNI.

Bank Mandiri
Walaupun saya belum pernah buka rekening di bank Mandiri, saya tetap merekomendasikan bank ini sebab bank ini juga memiliki fitur yang memudahkan transaksi, dan tidak adasalahnya menambah jumlah rekening bank yang berbeda untuk menunjang pembayaran para konsumen.

Tips: Dalam memilih bank untuk dijadikan media transaksi ke uangan, pilihlah yang memiliki fasilitas internet banking dan mobile banking untuk mobilitas transaksi yang fleksibel.

Oke demikian sharing dari saya tentang rekomendasi bank untuk bisnis online, semoga bermanfaat, bila ada saran atau kritik silahkan menggunakan kolom komentar dibawah ya. Sampai jumpa diartikel yang lainnya. Owh iya sobat bisa berbagi pengalaman juga.