Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Rem Cakram Sepeda Motor Ngeblong Berdasarkan Pengalaman

Sepeda motor adalah kendaraan paling umum di negara kita, hampir semua rumah tangga memiliki kendaraan ini. Nah pada kesempatan kali ini mazmuiz akan membagikan pengalaman pribadi yang berhubungan dengan ngeblongnya rem cakram sepeda motor dan bagaimana mengatasinya.

Pertama perkenalkan dulu sepeda motor ane ya gan, namanya Yamaha Jupirter Z kalau tidak salah tahun keluaran 2008/2009 yang sorot lampu utamanya model burung hantu berwarna biru. Kalau di hitung-hitung tahun ini sudah berumur 10 tahunan. Lumayan tua nih sepeda motor hahaha.

Sebenarnya sepeda motor ini bukan milik ane tapi milik bapak/ibu ane, kalau sepeda motor ane lebih tua yaitu Honda Karisma 125 keluaran 2005. Kembali lagi ke topik permasalahan, yaitu rem cakram tidak pakem alias ngeblong.

Awal mulanya ane tau rem sepeda motor jupiter z ini tidak pakem saat ane pulang kampung ke rumah ortu ane di pulau Bawean. Saat pertama menggunakan sepeda motor ini kok rem depan kerasa tidak menggigit bahkan tidak dapat mengerem sama sekali. Ya bisa dikatakan ngeblong. Akhirnya karena rem cakram depan ngeblong ane ngandalin rem blakang. Owh iya perli di ketahui bahwa rem belakang sepeda motor ane bukan rem cakram.

Lanjut cerita selanjutnya, saat ane sama ortu mau ke kecamatan ane disuruh untuk ke bengkel benerin tuh rem depan yang gak bisa dipakai. Dalam hatu, aduh gimana nih lagi gak bawa uang cahs. Mungkin agan bilang kenapa gak minta ortu aja? Malu atuh kang minta ortu udah usia 25 tahun dan berkeluarga.

Akhirnya jalan keluar satu-satunya adalah dengan menarik uang yang ada di ATM BCA, dan yang paling ngenesnya lagi di Pulau Bawena belum ada kantor cabang BCA dan otomatis gak ada juga mesin ATMnya. Ya mau gimana lagi harus ke ATM yang tersedia disana (adanya BRI) dan yang ada isin uangnya juga di rek BCA.

Sebenarnya gak masalah sih pake ATM lainnya, tetapikan lumayan potonganya Rp. 7500 bisa buat beli eskrim atau jajanan dari pada melayang begitu aja untuk nyairin duit di rekening. Mungkin ada yang bertanya lagi nih "Kenapa gak pake jasa flip mas, kan gratis?" Maunya pake flip, tapi butuh uangnya cepet, belum lagi antrian transaksinya, bisa nunggu 1 jam lebih.

Skip-skip langsung punya duit untuk ke bengkel. Waktu itu ane pegang Rp.100rb dan langsung pergi kebengkel di perjalanan pulang ke rumah. Dalam hati "mudah-mudahan segini cukup". Sampailah ane ke bengkel dan minta mas-mas montir untuk mengecek rem cakram sepeda motor ane. Ane sampein juga keluhannya, ceileh kayak lagi kedokter aja.

Si mas-mas montirnya kayaknya udah paham nih, kira-kira kalau rem cakram blong kemungkinannya apa aja. Akirnya si masnya bilang "oke pak saya cek dulu, ini kemungkinan kurang minyak cakramnya" Dan setelah di cek ternyata benar, minyak cakramnya kosong, kering tak ada setetespun.

Lalu si mas-mas montir ngisi tuh minyak cakram dan mencoba mengerem secara pelan-pelan.  Alhamdulillah langsung pakem dan rem cakram bekerja normal kembali, rem blong langsung teratasi.

Setelah komponen sepeda motor yang di bongkat sudah terpasang kembali ane tanya habis berapa? "Rp.10rb bang" dan akhirnya ane bayar tuh. Menurut agan semua ini termasuk murah atau mahal? Kalau menurut ane sih murah.

Disklaimer : Masalah rem cakram tidak pakem atau ngeblong bisa karena faktor lain sehingga cara mengatasinya juga berbeda.

Ini foto-fotonya :
bisa dilihat minyak kosong plong

Minyak diisi sama montirnya
Agar minyak masuk dalam komponen tuas rem dimainkan
Minyak sudah terisi dan rem sudah pakem komponen yang dibuka bisa dipasang kembali. 

Akhirnya pada kejadian ini ane dapat pengalaman baru, dan jika suatu saat nanti ane ngalamin masalah ini ane kayaknya bisa menanganin sendiri. Tinggal beli alat-alatnya saja. Oke sekian dulu nih, dah capek ngetik dari tadi. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.