Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Agar Tanaman Tabulampot Cepat Berbuah

Bagaimana caranya ya agar tanaman tabulompot kita cepat berbuah? Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk membuat tanaman cepat berbuah, beberapa diantaranya adalah dengan memberikan pupuk tertentu, hormon atau stress air.

Pada kesempatan kali ini saya akan menggunakan cara stress air yang sudah terbukti dan saya praktekkan sendiri berhasil memicu munculnya bunga pada tabulampot jambu biji sukun merah.

Mungkin cara ini juga dapat di praktekkan untuk tanaman lain seperti jeruk, manggis, alpukat, kelengkeng, dan lainnya. Insyallah jika admin ada kesempatan akan mempraktekkannya.

Baik, sekarang kita langsung masuk ke pembahasan bagaimana caranya agar tanaman tabulampot terpacu untuk lekas berbunga lalu buah.

Agar Tanaman Tabulampot Cepat Berbuah
Tanaman Jambu Biji Berbuah

Alat dan Bahan 
1. Tanaman tabulampot dan media tanamnya
2. Air biasa

Benar, cuma dua bahan diatas yang perlu kita sediakan, Anda juga bisa menyediakan pupuk organik/kompos untuk menyuplai nutrisi tanaman sebelum memperaktekkan stress air pada tanaman tabulampot kita.

Apa itu stress air?
Stress air adalah salah satu metode yang dapat memicu tanaman untuk berbunga dengan cara mengentikan pemberian air hingga tanaman mengalami stress akibat kebutuhan air tidak tercukupi.

Langkah-Langkah Stress Air Agar Tanaman Muncul Bunga
1. Hentikanlah penyiraman pada tanaman tabulampot Anda selama berhari-hari, minimal seminggu. Pastikan tanaman setiap hari selama satu minggu mengalami stress karena kekurangan air. Indikasinya adalah daun tanaman mulai layu, pada tahap stress tanaman yang tinggi daun tanaman bagian pinggir akan mengering sebanyak 50%.

Ingat jangan sampai tanaman mati total akibat stress air yang berlebihan, jadi apabila hari terasa sangat panas Anda boleh menyiramnya sedikit saja.

2. Setelah 1 minggu tanaman stress karena kekurangan air, Anda bisa mulai menyiram tanaman dengan jumlah air yang sangat banyak. Lakukan penyiraman secara rutin hingga tanaman mulai bersemai ranting dan daun baru.

Saat ranting dan daun baru muncul, bakal bunga juga akan muncul di ketiak daun. Jika bakal bunga muncul maka cara stress air berhasil memicu tanaman tabulampot berbunga kemudian akan menjadi bunga.

Berikut ini video tanaman jambu biji sukun merah tabulampot saya yang berhasil berbunga setelah menjalani stress air selama kurang lebih 2 minggu.



Jika Gagal Bagaimana?
Anda bisa mengulangi cara stress air diatas dengan durasi stress 2 minggu tanpa penyiraman sama sekali, atau jika terpaksa disiram maka gunakanlah sedikit air saja. Di minggu ke 3 dan ke 4 siramlah tanaman sebanyak mungkin secara teratur.

Dalam menyiram yang banyak tidak boleh terjadi air menggenang terlalu lama, karena bisa menyebabkan tanaman keracunan. Jadi pastikan peresapan media tanam tabulampot baik.

Dilarang menyiram dengan air yang deras sehingga tanah atau media tanam terbongkar. Akibatnya bisa menyebabkan perakaran rusak dan tidak tertutup tanah. Jadi siramlah dengan hati-hati.

Namun, jika cara stress air ini masih gagal, Anda bisa mencoba cara lain yaitu dengan pemupukan dan pemberian hormon. Cara ini akan saya bagikan di artikel lainnya, jadi tunggu saja update selanjutnya. Atau Anda bisa men subscribe channel youtube saya karena akan saya update juga dalam bentuk video.


Jenis Tanaman Untuk Tabulampot Yang Mudah Berbuah
Tanaman yang mudah berbuah dijadikan tabulampot yang admin ketahui dan pernah melihatnya berbuah di media dalam pot adalah jambu air, jambu biji, kelengkeng, sawo, jeruk, tanaman blackberry, delima, manggis, buah tin, pepaya, srikaya.

Note: Tergantung jenis/varietas tanaman serta bibit tanaman.

Beberapa tanaman yang juga bisa dijadikan tabulampot namun untuk membuahkannya butuh usaha ekstra adalah tanaman alpukat, mangga, rambutan, dan lainnya. Biasanya untuk memicu tumbuhan berbuah perlu diberikan hormon pembunga, selain itu pemberian nutrisi juga perlu untuk menjamin bunga dapat tumbuh menjadi buah.

Kendala Umum Sulitnya Membuahkan Tabulampot
Admin sendiri dulu sering mengalami kendala dalam membuahkan tanaman tabulampot, biasanya masalah yang dihadapi adalah tanaman berbunga tetapi bunganya rontok atau gugur. Mungkin kasus ini juga dialami sebagian besar pecinta tanaman buah.

Tips Mengatasi Bunga Rontok Atau Gugur Pada Tanaman Buah
Bunga yang gugur atau rontok pada tanaman buah bisa jadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya energi tanaman untuk menjadikan bunga berkembang menjadi buah, energi ini berasal dari metabolisme tanaman.

Apabila metabolisme terganggu maka akan mengakibatkan perkembangan tanaman terganggu, salah satu akibatnya gugurnya bunga calon buah, yang menyebabkan metabolisme tanaman terganggu adalah kurangnya unsurhara/nutrisi yang diperlukan oleh tanaman.

Oleh sebab itu penting untuk kita yang merupakan pecinta tanaman pot memahami dan memberikan pupuk yang sesuai dengan kebutuhan tanaman agar tanaman dapat tumbuh subur dan berbuah lebat.

Demikian informasi tentang agar tanaman tabulampot cepat berbuah, semoga memberikan manfaat untuk para pembaca, jika ada hal yang ingin di sharing atau ditanyakan silahkan berkomentar di bawah ya, sampai jumpa dan terimakasih.