Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Tanaman Tabulampot Yang Terbukti Mudah Berbuah

Alasan admin menulis artikel yang berjudul jenis-jenis tanaman tabulampot yang mudah berbuah adalah karena banyak pecinta tanaman pot yang ingin membudidayakan tanaman buah di dalam pot untuk menghiasi pekarangan rumah, namun masih bingung mau menanam jenis tanaman seperti apa.

Tujuan dari artikel ini adalah untuk menginformasikan kepada seluruh pembaca blog https://mazmuiz.blogspot.com tentang tanaman-tanaman buah yang umum dijadikan tabulampot dan mudah sekali berbuah sekaligus tips bagaimana cara memilih bibit yang tempat agar tanaman dapat tumbuh subur dan cepat berbuah.

Baik, setelah sekian lama tidak update artikel di blog ini karena kesibukan untuk mendaftar kerja online sebagai Search Engine Evaluator dan membaca buku panduan umumnya berupa file PDF yang berjumlah 164 halaman berbahasa inggris cukup banyak menyita waktu dan pikiran selama berhari-hari.

Itupun baru mengerjakan tahap 1 ujian dari 3 ujian yang harus dilewati untuk di terima bekerja menjadi Search Engine Evaluator, ya mudah-mudahan bisa lulus ujian dan diterima kerja online (Amiin).

Kembali pada topik, yaitu tanaman tabulampot yang mudah berbuah. Selama saya mengembara dan berjalan menyusuri daratan jawa timur, baik di kebun bibit dan di pekarangan rumah orang-orang yang saya kenal, banyak saya jumpai berbagai jenis tanaman buah yang ditanam di dalam pot dan dapat berbuah.

Adapun beberapa tanaman yang saya jumpai beberapa sudah saya koleksi sebagai tabulampot di rumah dan alhamdulillah dapat berbuah di dalam pot, berikut ini informasinya :

Tanaman Tabulampot Yang Mudah Berbuah

1. Tanaman Sawo
Sawo merupakan tanaman buah yang cukup banyak digemari oleh para pecinta buah, tanaman sawo bisa dijadikan tanaman tabulampot dan dapat berbuah dengan mudah. Saya menjumpai tanaman sawo berbuah dalam pot dan polybag saat magang di kebun pembibitan tanaman buah unggul yang ada di Sumber Sekar, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Sayangnya saya kurang suka buah sawo, jadinya tidak saya koleksi untuk sementara ini, selain itu harga bibitnya juga lumayan mahal untuk yang sudah berbuah yaitu di kisaran Rp 40rb  hingga ratusan ribu tergantung ukuran dan potnya.

2. Pohon Delima
Delima merupakan tanaman buah dan juga merupakan tanaman obat tradisional. Buahnya kaya akan vitamin dan daunnya dapat dimanfaatkan menjadi minuman obat untuk berbagai penyakit. Tanaman delima juga bisa dijadikan tabulampot dan alhamdulillah admin sendiri mengoleksi tanaman delima hitam. Jadi warna buah delimanya hitam atau ungu pekat.

Saya membeli bibit ini di tempat kebun bibit unggul malang pada bulan februari 2018, dan alhamdulillah dapat yang sudah pernah berbuah. Ukuran bibitnya masih kecil tingginya sekitar 50 cm.

Tanaman delima ini juga mudah berbuah dalam pot, buktinya tanaman delima milik saya berbuah saat masih di polybag, jadi kesimpulannya pohon delima itu mudah berbuah walaupun ditanam di dalam pot.

3. Tanaman Jeruk
Jenis tanaman jeruk yang saya tahu mudah sekali berbuah jika dijadikan tabulampot adalah jeruk lemon, kolomonde, nipis, purut dan madu. Dari beberapa jenis jeruk diatas yang sudah saya koleksi sementara ini adalah jeruk lemon, nipis, madu dan kolomonde. Dalam waktu dekat insyallah saya akan mencangkok jeruk purut di halaman rumah paman saya sebagai tambahan koleksi tabulampot.

Namun, dari semua koleksi tanaman jeruk saya diatas yang sudah berbuah dan sering dipanen adalah jeruk kolomonde. Tanaman jeruk ini mudah sekali berbuah dan buahnya juga banyak, buah jeruk ini biasanya saya gunakan untuk membuat wedang jeruk manis.

4. Tanaman Jambu Air dan Jambu Biji
Jambu air dan Jambu biji adalah tanaman buah yang juga cocok dijadikan tabulampot, saya sendiri mengoleksi jambu biji dan jambu air, adapun varietasnya adalah jambu biji sukun merah dan jambu air madu delhi hijau.

Sementara saya hanya berhasil sampai ke tahap bunga saja untuk jambu biji sedangkan jambu air belum berhasil membungakannya. Tapi saya sendiri melihat beberapa koleksi tabulampot tanaman kenalan saya Pak Aji, di karangploso Malang berhasil sampai ke tahap buah untuk jambu biji dan jambu air.

Mungkin penyebab saya gagal dalam membuahkan jambu biji adalah karena saya kurang perawatan pada tanaman, nah kebetulan ini tabulampot jambu biji sukun merah saya lagi berbunga lagi, mudah-mudahan bunga yang muncul ini berhasil sampai berbuah dan panen.



Baca juga : Cara Saya Merangsang Pembungaan Pada Tabulampot Jambu Biji Sukun Merah

5. Tanaman Buah Manggis
Informasi tentang tanaman manggis masih minim saya ketahui, namun saya sendiri pernah melihat secara langsung beberapa bibit tanaman manggis dalam polybag yang tingginya kurang lebih 50 cm sudah berbuah, bibit ini saya lihat saat masih magang di Malang.

Apa yang saya lihat ini menjadi bukti bahwa tanaman manggispun bisa dijadikan tabulampot dan bisa berbuah. Jika Anda tertarik mengoleksi tanaman manggis bisa nih dicoba dirumah.

6. Tanaman Kelengkeng/Mata Kucing
Suka dengan buah kelengkeng/mata kucing? Maka mengoleksi tabulampot kelengkeng adalah sebuah keharusan. Tanaman ini mudah berbuah didalam pot asalkan jenis kelengkengnya sesuai dan bibitnya unggul.

Seiring perkembangan teknologi pertanian dan pengembangan kultivar kelengkeng akhirnya muncullah jenis kelengkeng yang dapat tumbuh subur dan berbuah dengan mudah di daratan rendah ataupun tinggi.

Jika dulu tanaman kelengkeng hanya dapat berbuah di dataran tinggi saat ini banyak kita jumpai kelengkeng yang tumbuh subur dan berbuah lebat di dataran rendah atau pesisir. Jenis kelengkeng yang admin tau dan admin koleksi sebagai tabulampot adalah pingpong, daimond river, kristal dan aroma.

7. Tanaman Buah Tin
Dulu saya pernah menanam tanaman tin dari hasil stek batang hingga mulai muncul kuncup daun baru, namun tanaman tinnya hilang, entah karena diambil orang atau dibuang. Padahal dulu belinya beli yang varietas unggul harganya juga lumayan mahal.

Pohon tin juga jenis tanaman yang dapat berbuah dengan mudah di pot, rasanya manis dan cepat berbuah. Insyallah di lain waktu jika ada kesempatan akan mencoba menanam pohon tin lagi.

Saran jika Anda ingin pohon tin yang cepat berbuah, maka pilihlah bibit dari hasil cangkokan. Anda bisa membeli bibit tin melalui toko online atau di penjual bibit, kalau tidak salah harganya di kisaran 30rb sampai 100rb tergantung jenis dan tinggi tanaman.

8. Tanaman Srikaya Jumbo

Tanaman srikaya jumbo adalah tanaman srikaya varietas unggul dengan ukuran buah yang sangat besar, ukuran buahnya bisa sampai 2 kepal tangan orang dewasa. Awal saya berkenalan dengan buah ini saat magang di tahun 2014 berlokasi di Karangploso Malang.

Saat itu saya melihat tanaman srikaya jumbo ini ditanam dalam pot dan berbuah besar-besar. Akhirnya saya pun membeli bibitnya dengan harga kalau tidak salah Rp 35rb per bibitnya dengan tinggi kurang lebih 30cm pada awal tahun 2018. Bibit nya juga sudah belajar berbunga, namun sayangnya bunganya rontok (gagal menjadi buah). Gagalnya bunga menjadi buah bisa jadi karena tanaman kekurangan nutrisi, jadi di musim buah berikutnya saya akan mencoba memberikan pupuk dan perawatan secara intensif.

9. Tanaman Rambutan
Dulu saat saya masih mengontrak rumah juga pernah mengoleksi tanaman rambutan tabulampot dan ternyata dapat berbunga di dalam pot, kalau tidak salah sudah dua kali berbunga tapi selalu gagal menjadi buah, mungkin kegagalan ini karena kurangnya perawatan.

Hal ini mengindikasikan bahwa rambutan pun juga bisa dijadikan tanaman tabulampot dan juga mudah berbuah jika perawatannya baik.

10. Tanaman Mangga
Salah satu jenis tanaman yang paling umum kita jumpai adalah mangga, kebetulan pada saat saya menulis artikel ini lagi musim buah mangga di kampung halaman. Jika Anda pecinta buah mangga tidak ada salahnya untuk mengoleksi tabulampot pohon mangga.

Memangnya tabulampot mangga bisa berbuah? Bisa dong, saya sendiri pernah melihat pohon mangga didalam pot berbuah, jenis tanaman mangga saya lihat waktu itu mangga golek. Tinggi tanaman juga tidak sampai 1 meter kalau tidak salah waktu itu. Bagaimana, apakah Anda tertarik mencobanya?

Catatan : Kunci keberhasilan dalam membuahkan tabulampot adalah memilih bibit yang unggul dan perawatan tanaman yang intensif. Bibit unggul yang seperti apa? Bibit unggul meliputi jenis varietas tanaman, bagaimana cara memperoleh bibitnya (dari cangkok/okulasi/dari biji), bibit yang paling cepat berbuah adalah dari okulasi, stek batang, dan cangkok. Kalau bibit dari biji saja lama sekali berbuahnya.

Cara merawat tanaman tabulampot adalah dengan menggunakan media tanam yang subur, penyiraman secara teratur dan pemberian pupuk secara rutin 1 bulan sekali dengan dosis yang tepat.

Demikian ulasan tentang informasi jenis tanaman tabulampot yang terbukti mudah berbuah, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada Anda para pembaca. Apabila ada pertanyaan atau kritik dan saran bisa menghubungi saya melalui kontak kami atau langsung berkomentar ya.