Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecat Genteng dan Manfaatnya |Pengalaman Pribadi

Latar belakang dibuatnya tulisan tentang cara mengecat genteng adalah karena sebagian besar kita lalai dan kurang paham dari manfaat yang akan diperoleh dengan mengecat genteng rumah kita. Banyak yang tertarik mengecat genteng tetapi tidak tau caranya, oleh sebab itu admin memutuskan untuk membuat konten ini.

Tujuan dari admin menulis artikel ini adalah untuk berbagi informasi dan pengalaman mengecat genteng bangunan baik untuk rumah atau bangunan masjid, serta manfaat yang akan kita peroleh dari mengecat genteng bangunan.

Mengecat Genteng dan Manfaatnya
Genteng yang sudah dicat

Manfaat Mengecat Genteng Rumah Atau Bangunan

1. Meningkatkan Keindahan Rumah
Rumah/bangunan yang genteng nya dicat akan tampak lebih sedap dan indah dipandang dari pada yang tidak dicat, warna genteng juga bisa disesuaikan dengan warna bangunan sehingga akan terkesan lebih serasi.

2. Mencegah Rembes, Lumut dan Bocor
Cat pada genteng akan menutup pori-pori permukaan genteng sehingga genteng rumah tidak mudah merembeskan air, karena air tidak dapat merembes dan pori-pori tertutup maka lumut tidak bisa tumbuh. Rapatnya pori-pori pada permukaan genteng akan mencegah terjadinya kebocoran.

3. Memperpanjang Usia Genteng
Karena genteng terhindar dari endapan air yang disebabkan menutupnya pori-pori genteng maka genteng tidak akan mudah kropos sehingga genteng yang dicat akan memiliki umur yang lebih panjang dari pada yang tidak dicat.

Cara Mengecat Genteng Rumah
Pertama sediakan alat dan bahannya terlebih dahulu, bahan yang diperlukan adalah cat genteng, genteng dan air, sedangkan alat yang diperlukan adalah kuas, tempat duduk dan wadah cat.


1. Campurkan cat genteng dengan air secukupnya agar tidak terlalu kental, karena jika kental akan mengakibatkan boros cat genteng sehingga apabila boros maka makin besar juga biaya yang harus dikeluarkan. Dalam praktek saya mengecat genteng menggunakan cat merk Nippon Paint, Anda bisa menggunakan merk lain yang sesuai dengan selera Anda. Jangan juga terlalu cair karena hasilnya tidak akan bagus.

2. Kuaslah permukaan genteng yang bagian atas (bagian yang menghadap matahari) dengan rata, perlu diulangi jika hasilnya kurang rata. Dalam praktek saya mengecat genteng saya kuas dua kali agar pori-pori benar tertutup dan warna genteng benar-benar merata.

3. Genteng yang sudah dicat diletakkan ditempat yang terik atau terbuka agar cepat kering, biasanya kalau menggunakan cat khusus genteng cat akan cepat sekali kering, kemarin waktu saya mengecat genteng masjid tidak sampai 5 menit cat sudah kering.

Dalam prakteknya pengecatan genteng ada dua cara, pertama sebelum genteng dipasang di atap rumah, genteng dicat terlebih dahulu. Kelebihan cara ini adalah mengecat genteng lebih mudah, aman dan rata. Cara kedua yaitu mengecat genteng yang sudah dipasang di atap rumah, cara ini lebih beresiko untuk tukang cat dan potensi genteng pecah akibat terkena pijak (kecuali genteng sangat tebal dan kokoh).

Cara Mengecat Genteng
Sebagian genteng yang sudah dicat, ada kaleng bekas cat yang saya gunakan

Jadi sebaiknya mengecat genteng sebelum genteng dipasang di atap rumah, namun jika rumah Anda sudah lama dan genteng terpasang secara permanen maka cara kedua yang paling memungkinkan dilakukan. Saran saya sebaiknya gunakan tukang berpengalaman untuk pengecatan di atap rumah agar minim resiko.

Buat Anda yang suka berkebun di rumah mungkin tertarik untuk membaca artikel ini : Jenis Tanaman Tabulampot Yang Mudah Berbuah 

Video di bawah ini cara tukang menyelesaikan pekerjaanya



Demikian informasi tentang cara mengecat genteng dan manfaatnya, jika Anda ada saran dan kritik tentang isi artikel ini jangan sungkan-sungkan untuk menyampaikannya ke saya melalui kontak kami atau langsung berkomentar di bawa. Semoga tulisan di atas bermanfaat dan sampai jumpa.