Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Service Sepeda Motor Di Bengkel Resmi Yamaha dan Honda

Berbagai pengalaman merupakan hal yang menyenangkan menurut saya, dan pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman saya saat mencoba menservice sepeda motor keluarga saya di bengkel resmi Yamaha dan Honda.

Saat ke bengkel resmi Honda (AHASS) sepeda motor yang saya gunakan adalah Honda Vario Keluaran 2017, sedangkan saat ke bengkel Yamaha saya membawa sepeda motor Mio keluaran tahun 2006.

Sebelum saya meneruskan tulisan ini, saya akan menjelaskan tujuan dan latar belakang mengapa artikel ini ditulis, jadi apa bila sahabat pembaca menemukan hal yang tidak sesuai dengan tujuan dan latar belakangnya, mohon untuk mengoreksi artikel ini dengan cara berkomentar atau menghubungi saya melalui halaman kontak kami.

Tujuan artikel ini dibuat adalah untuk membagikan pengalaman saya saat menggunakan jasa bengkel resmi dua brand sepeda motor terkenal di Indonesia, barangkali dapat membantu sahabat yang belum pernah mencoba pelayanan dan bagaimana cara mendaftarkan sepeda motor kita ke bengkel resmi untuk di service.

Latar belakang saya menulis artikel ini adalah karena masih banyak diantara kita yang enggan atau tidak mau menservice sepeda motor kesayangan kita di bengkel resmi, entah karena takut biayanya mahal atau karena tidak tau bagaimana caranya.

Pengalaman Service Sepeda Motor di Bengkel Resmi
Saat service Sepeda Motor Mio di Bengkel Resmi Yamaha

Saat Service Honda Vario 125 Di Bengkel Resmi Honda (AHASS) Perak Jombang
Sepeda motor Honda Vario ini bukan milik saya, tetapi milik tante yang sudah waktunya di service dan ganti oli. Service disini bukan karena rusak tetapi untuk mengecek dan memperbaiki beberapa komponen yang sudah aus atau kendor misalnya ada mur atau baut yang kendor atau rantai yang perlu ditegangkan kembali atau juga beberapa hal yang memerlukan penanganan seperti membersihkan kotoran pada filter dan lain sebagainya.

Pada kasus ini, saya hanya menggunakan layanan service, ganti oli mesin dan cek oli gardan. Alhamdulillah tidak ada komponen yang harus diganti.

Alur Mendaftarkan Sepeda Motor Honda di Bengkel AHASS
Pertama saya datang ke bengkel AHASS yang ada di Perak, Jombang. Lokasinya tepat berada di depan pasar perak, masuk ke area bengkel dan parkir sepeda motor di area parkir kendaraan antrian untuk di service.

Setelah parkir, saya langsung menuju admin untuk mendaftarkan service sepeda motor dan menyebutkan layanan yang ingin saya dapatkan, pada saat itu saya meminta untuk service, ganti oli mesin dan cek oli gardan. Pada kasus Anda, bisa sepeda motor ada keluhan bisa di sampaikan ke admin untuk dicek dan diperbaiki.

Berapa Harga Atau Biaya Service Sepeda Motor di Bengkel Resmi Honda (AHASS)?
Berdasarkan pengalaman saya, service tanpa ada komponen yang di ganti sekitar 45-50 rb karena saya juga ganti oli mesin maka saya dikenakan biaya tambahan yaitu 40rb, jadi total yang saya bayar kalau tidak salah 95rb, untuk cek oli gardan tidak dikenakan biaya.

Namun tarif bisa berbeda, jika ada komponen yang perlu diganti, misalnya harus ganti gear dan rantai itu sudah berbeda harga.

Kalau menurut saya harga service 45-50rb itu termasuk murah apa lagi montir di bengkel resmi sudah memiliki skill dan SOP yang baik sehingga kualitasnya tidak akan jelek dan mengecewakan, mereka juga teliti dan pastinya tidak ada komponen yang dicuri atau tertinggal yang umum terjadi pada bengkel abal-abal atau non resmi yang tidak memiliki kredibilitas.

Saran saya kalau cari aman, murah dan berkualitas sebaiknya service di bengkel resmi Honda, Namun juga di ingat, bengkel resmi tidak semuanya memiliki kualitas yang sama, ada kalanya bengkel resmi memiliki montir yang kurang handal (kurang pengalaman) sehingga hasilnya kurang memuaskan.

Untuk mencari bengkel resmi yang handal dan berkualitas, Anda bisa mencarinya di Google map, carilah bengkel yang memiliki rating pelayanan bagus dan banyak yang memberikan respon positif. Hindari bengkel resmi yang tidak memiliki rating bagus dan memiliki keluhan yang banyak dari konsumen, karena dipastikan kualitas pelayanannya masih kurang baik.

Namun apabila Anda kesulitan menggunakan google maps untuk mencari bengkel resmi yang berkualitas Anda bisa mengetahuinya dengan cara melihat apakah bengkel tersebut selalu ramai oleh para konsumen. Umumnya bengkel yang selalu ramai memiliki kualitas yang baik karena dipercaya oleh banyak orang.

Baca Juga : Pengalaman Mengatasi Ram Cakram Sepeda Motor Blong

Saat Service Sepeda Motor Mio di Bengkel Resmi Yamaha
Pada kasus ini saya lupa mio keluaran tahun berapa, selain itu sepeda motor ini milik kakak saya jadi belum sempat ngecek, yang jelas mio keluaran awal dan masih jadul. Waktu itu kasusnya sepeda motor ini sering mati total setelah dipakai perjalanan jauh dengan beban yang sangat berat. Akhirnya di bawalah kebengkel kenalan (bukan bengkel resmi).

Setelah selesai di service di bengkel kenalan, ke esokan harinya kambuh lagi, sepeda motor mio ini malah macet di jalan dan tidak mau menyala. Alhasil disurunglah sepeda motor sampai rumah. Setelah ke esokan harinya sepeda motor ini dikembalikan pada bengkel sebelumnya dan setelah di service ternyata kambuh lagi.

Akhirnya kakak saya memutuskan untuk ganti bengkel terdekat yang ramai pelanggannya (Non Resmi). Selesai di service sepeda motor mionya lumayan nyaman di pakai, hanya saja kalau udah panas mesin mati total.

Lalu saya sarankan untuk membawanya kebengkel resmi Yamaha, akhirnya saya yang dimandatkan untuk membawa mio ke bengkel YAMAHA. Pada hari yang ditentukan akhirnya saya berangkat menuju bengkel resmi yamaha dengan kecepatan rendah agar sepeda motor tetap menyala dan tidak kepanasan.

Sesampainya disana, saya langsung memarkirkan sepeda motor mio di tempat parkir khusus antrian, lalu menuju admin/CS. Disana saya mendaftarkan sepeda motor untuk di service, saat mendaftar, CS meminta saya untuk menunjukkan STNK, Nama dan no hp yang bisa di hubungi sebagai persyaratannya dan tidak lupa juga saya menyampaikan keluh kesah mengenai kerusakan yang mio saya alami.

Alhamdulillah setelah di service mio sudah kembali sehat dan tidak mati total lagi. Komponen yang di ganti saat di bengkel resmi adalah filter udara.

Total Biaya Service di Bengkel (3 bengkel)
Bengkel Pertama kisaran 75rb
Bengkel kedua 35rb
Bengkel Resmi Yamaha 94rb (45rb service dan sisanya mengganti komponen)

Apa yang terjadi jika saya langsung membawa motor mio kakak saya langsung ke bengkel resmi? Mungkin saya akan menghemat sekitar 110rb uang saya. Namun, hal ini bukan untuk disesali, karena setiap kejadian pasti ada hikmahnya.

Baca juga : Pengalaman Memasang Genteng

Saya rasa cukup sampai disini postingan kali ini, ada kurang lebihnya saya mohon maaf, semoga tulisan pengalaman service sepeda motor di bengkel resmi ini bisa memberikan wawasan dan manfaat untuk para pembaca. Sampai jumpa di pengalaman selanjutnya.