Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Kirim Paket Ke Luar Negeri Via Pos Indonesia

Hallo sahabat, kali ini saya akan membagikan pengalaman saya mengirim paket ke luar negeri menggunakan jasa kurir Pos Indonesia ke Brunei Darussalam. Tujuan saya menulis artikel ini adalah untuk berbagi pengalaman saja kepada pembaca, barang kali ada yang mencari referensi tentang mengirim paket ke luar negeri dengan kurir pos.

Ini adalah pengalaman pertama saya mengirim paket keluar negeri, jadi maafkan saya jika ada hal yang masih kurang dalam memberikan penjelasan. Paket yang saya kirim ini adalah salah satu dagangan online saya yang saya jual di fb adapun linknya berukut ini Jual Obat Penghilang Tahilalat Swiss Paris Lotion).

Sebelumnya banyak calon konsumen saya yang dari luar negeri, misalnya dari arab, malaysia, dan hongkong, namun banyak yang tidak jadi karena pengiriman paket ke luar negeri sangat mahal, biayanya rata-rata di atas 100rb dan banyak calon konsumen yang merasa keberatan dan tidak jadi beli.


Namun, berbeda dengan konsumen saya yang ada di brunei, beliau mungkin merasa terganggu dengan tahilalat yang dia miliki sehingga tetap membeli produk ini walalupun dengan biaya ongkir yang sangat lumayan mahal.

Singkat cerita, sebelum ada kesepakatan jual beli, saya cek dulu ongkir ke brunei melalui aplikasi raja ongkir dan ternyata ada beberapa pilihan harga paket, yaitu paket biasa dan paket reguler. Namun di aplikasi ini tidak ada estimasi waktu yang diperlukan agar paket sampai di tujuan, mungkin karena pos juga tidak memberikan informasinya sehingga tidak ada data yang ditampilkan kecuali harga/biaya kirim.

Akhirnya saya browsing di internet, ternyata saya tidak menemukan informasi yang saya butuhkan, tidak ada informasi waktu/estimasi berapa hari waktu yang diperlukan untuk mengirim paket ke negara tetangga melalui pos.

Alasan saya waktu itu menggunakan pos adalah karena jasa kurir yang paling murah adalah pos, sedangkan yang lain biayanya cukup mahal. Akhirnya saya pilih lah pos saja.

Biaya Tidak Sama Antara Aplikasi Raja Ongkir dengan Pos Indonesia
Karena konsumen menanyakan berapa biaya kirim paket sekaligus ongkirnya, lalu saya mencari informasi di aplikasi rajaongkir dan menemukan dua pilihan paket via pos, pertama paket biasa luar negeri dengan biaya 197rb sedangkan R luar negeri 275rb.

Singkat cerita ditentukannya kesepakatan antara saya dan konsumen mengenai harga dan ongkir ke brunei. Uang sudah di transfer ke rekening saya dan saya pun langsung menyiapkan paket untuk segera di serahkan ke pos.

Sesampainya di pos saya tanya ke petugas nya, kurang lebih terjadi percakapan berikut ini :
Saya : Berapa pak biaya kirim ke Brunei Darussalam yang paling murah pak?
Petugas : Kalau yang biasa 125rb mas
(Ternyata tarifnya berbeda dengan yang di rajaongkir)
Saya: Kira-kira itu berapa lama ya pak sampai nya?
Petugas : Kira-kira 2 minggu, paling cepat 10 hari.
Saya : (Dalam hati saya waduhh lama banget), Kalau yang reguler atau yang cepat berapa biayanya dan berapa hari?
Petugas : Kalau yang cepat 400rb lebih mas estimasi 4-1 minggu
(Waduhh mahal banget, biaya ongkirnya saja jauh melebihi nilai barang dalam hati saya)
Saya : ya sudah pak, pakai yang biasa saja.

Singkat cerita paket saya di proses dan akhirnya saya pun mendapat noresi selanjutnya nomor resi saya kirim ke konsumen melalui WA. Jadi begitulah ceritanya.

Biaya Kirim Paket Ke Brunei Darussalam Via Pos Indonesia
Kesimpulan dari pengalaman diatas, diperoleh informasi penting yang mungkin bisa bermanfaat untuk Anda:

1. Biaya kirim ke Brunei Darussalam dari Kediri, Jawa Timur Indonesia dengan Pos Indonesia paket biasa 125rb dan untuk paket kilatnya/reguler 400rb

2. Waktu pengiriman atau estimasi paket sampai ketujuan untuk layanan biasa 2 minggu atau 14 hari  dan paling cepat 10 hari, sedangkan untuk paket kilatnya 4 hari sampai 1 minggu.


Catatan :
Data diatas bisa jadi tidak valid karena yang memberikan informasi petugas pos dari cabang kecamatan, yang juga memiliki kemungkinan untuk salah. Saya juga sudah mengecek di situs resmi pos Indonesia ternyata juga berbeda dengan fakta di lapangan yang di ucapkan petugas pos, datanya bisa sahabat lihat di foto paling atas artikel ini.

Saya juga buatkan videonya, barangkali ada yang mau nonton hehehe, demikian postingan ini saya buat, semoga dapat memberikan manfaat sesuai dengan tujuan dibuatnya artikel ini. Apabila paketnya nanti sudah sampai di Brunei Darussalam , insyaallah akan segera saya update artikel ini. Sampai jumpa dan terimakasih.



Update 12 Februari 
Paket saya sudah sampai di Brunei Darussalam pada tanggal 9 februari, namun belum sampai di tangan konsumen.

Setelah beberapa hari galau karena selalu di tanya konsumen kapan paketnya datang, selain itu paket tidak bisa di tracking via raja ongkir dan situs resmi pos indonesia. Paket terakhir hanya sampai di Jakarta dari tanggal 31 januari. Akhirnya saya mencari informasi di internet bagaimana cara melacak paket pos untuk tujuan luar negeri dan saya menemukan jawabannya.

Lacak Resi Pos Tujuan Luar Negeri Layanan RLN
Apabila sahabat ingin melacak paket kiriman pos sudah sampai dimana bisa menggunakan situs https://www.17track.net/en, saya sudah mencobanya dan bisa. Kalau melacak resi POS RLN melalui situs resmi POS biasanya hanya bsa di lacak sampa di jakarta atau selama paketnya masih di Indonesia, namun jika sudah di luar negeri sudah tidak bisa lagi.