Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Mengganti Rantai Keteng Honda Karisma Dengan Ukuran Yang Lebih Besar

Halo sahabat semuanya, kali ini saya akan membagikan pengalaman otomotif yaitu mengganti rantai keteng honda karisma dengan ukuran yang lebih besar dari aslinya. Alasan mengapa halaman ini saya buat adalah untuk memberikan gambaran kepada para pembaca yang mungkin juga memiliki pertimbangan untuk mengganti rantai keteng pada ukuran yang lebih besar.

Sebelumnya sudah pahamkan apa itu rantai keteng? Kalau belum paham, rantai keteng itu adalah rantai yang menyalurkan tenaga dari mesin sepeda motor ke roda, sehingga roda sepeda motor kita dapat bergerak.

Alasan Mengapa Rantai Keteng Harus Segera Diganti
Rantai keteng yang sudah rusak atau tidak layak pakai harus segera diganti, alasannya karena dapat mempengaruhi performa mesin bahkan kabar buruknya bisa merusak mesin jika terlalu lama dibiarkan. Selain itu putaran roda menjadi tidak stabil dan mengendara menjadi tidak nyaman.

Pengalaman Mengganti Rantai Keteng Honda Karisma

Kesalahan ini pernah saya lakukan karena tidak memiliki uang, akhirnya sepeda motor karisma yang saya gunakan ketika dijalankan mengeluarkan bunyi berisik dan kadang-kadang rantai keluar dari gear belakang.

Saat ganti oli saya tanya ke montirnya, pak kalau ganti rantai berapa? Kata bapaknya mending diganti rantai yang ukurannya lebih besar mas, ukurannya 1 tingkat lebih besar agar awet, apa lagi kalau digunakan untuk perjalanan jauh yang intensif. Lalu saya tanyakan berapa biayanya? Pak montirnya bilang "140rb bukan ori mas, ori ataupun KW tidak menjadi masalah.

Karena waktu itu saya belumpunya uang akhirnya saya bilang lain waktu saja. Singkat cerita saya biarkan hingga 1 bulan lebih ternyata rantainya makin parah, akhirnya ketika saya memiliki uang saya langsung ke bengkel langganan saya yang waktu itu saya tanya biaya ganti rantai keteng, namun karena bengkelnya tutup saya menuju bengkel lain (bengkel lain ini pernah saya coba, bengkelnya juga bagus, pelayanannya ramah dan murah).

Saat sampai di bengkel saya tanya kepada kasir bengkel tentang ketersediaan rantai keteng karisma dengan ukuran 1 tingkat lebih besar dari aslinya, ternyata barangnya ada tetapi bukan untuk karisma melainkan miliki supra x 125 all new.

Harga Rantai Keteng Karisma dan Supra x 125 All New
Informasi ya, ukurang asli rantai keteng karisma itu 35, sedangkan ukuran 1 tingkat yang lebih tinggi milik supra x 124 all new itu ukuran 36. Adapun harga rantai ukuran 36 yang original (suku cadang asli honda/ahass) Rp 165.000 dan biaya pasang Rp 15.000 kalau yang bukan ori harganya Rp 125.000 untuk biaya pasang juga sama. Sedangkan untuk rantai ukuran honda karisma yang asli saya tidak tanya, mungkin perkiraan saya sedikit lebih murah.

Akhirnya saya putuskan memilih yang ukuran 36, alasannya agar lebih awet karena saya sering perjalanan jauh lebih dari 200 km setiap minggu nya. Proses pemasangan rantai juga cepat, sekitar 10 menit. Rantai telah terpasang dan saya perhatikan memang ukuran rantainya menjadi sedikit lebih besar.

Performa Berkendara Sebelum dan Sesudah Ganti Ukuran Rantai
Ternyata setelah saya coba performa berkendara menjadi lebih nyaman, tarikan sepeda motor menjadi lebih ringan dan honda karisma yang saya gunakan terasa gagah. Saya gunakan jarak jauh pun tidak mengalami kendala bahkan untuk kecepatan tinggi terasa lebih stabil.

Jadi begitu cerita tentang pengalaman saya mengganti rantai keteng honda karisma dengan ukuran 1 tingkat lebih besar dari aslinya. Semoga bisa memberikan referensi untuk para pembaca sehingga tulisan saya ini bisa bermanfaat. Terimakasih dan sampai jumpa.