Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bibit Tanaman Mangga Masih Kecil Sudah Berbunga

Hallo sahabat semua, kali ini saya akan membagikan hasil temuan saya di pinggir jalan yaitu  menemukan bibit atau tanaman mangga kecil yang sudah berbunga. Namun masalahnya walaupun sudah berbunga belum tentu bunga itu dapat berkembang menjadi buah.

Sekarang pertanyaannya adalah, apakah ada cara untuk meningkatkan potensi bunga pada tanaman mangga yang masih berukuran kecil untuk dijadikan buah? Jawabannya ada, yaitu dengan mencukupi nutrisi tanaman dan perawatan yang baik.

Namun tidak menjamin 100% bunga menjadi buah, karena ada faktor lain salah satunya adalah kemampuan daun untuk menghasilkan makanan untuk disalurkan ke bunga untuk dijadikan buah. Umumnya tanaman kecil membutuhkan makanan untuk pertumbuhan tanaman seperti meningkatkan jumlah cabang dan daun. 


Perlu diketahui juga bahwa admin pernah menemukan pohon mangga yang kecil tapi sudah berani berbuah. Sama halnya dengan mangga kecil yang berbunga pada video, tidak menutup kemungkinan bunga ini akan menjadi buah.

Jadi penasaran dengan perkembangannya, nanti jika saya masih di malang akan saya pantau, apakah bunga ini 1 bulan lagi akan menjadi pentil buah mangga.

Kemungkinan menjadi buah sekitar 30%, mengingat ukuran tanaman yang kecil, jumlah daun yang terbatas, dan ukuran batang yang belum mampu menopang berat buah. Ya kita doakan saja ini bisa terjadi walaupun peluangnya kecil.

Kira-kira berapa ya harga bibit manga unggul? Harga tergantung jenis mangga dan ukuran bibit, harga di kisaran 30rb sampai dengan 150rb. Kalau bibit mangga hasil cangkok biasanya 50rb.