Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pola Tanam Tumpang Sari Tomat dan Kembang Kol

Hallo sahabat semuanya, kali ini saya akan sharing tentang contoh pola tanam secara tumpang sari yang juga di kenal polikultur dalam prakteknya menggunakan tanaman tomat dan kembang kol. Artikel ini saya buat tujuanya adalah untuk membagikan apa yang ada sekitar saya ke pada para sahabat pembaca, barangkali bisa bermanfaat dan menjadi referensi.



Ceritanya saya mau cari tanaman sawi untuk bahan penelitian skripsi yang tidak kunjung selesai, saya mencari di lokasi belakang rumah tempat saya tinggal di Malang. Namun yang saya temukan adalah tanaman petani yang ditanam dengan pola tumpang sari antara pohon tomat dan kembang kol.

Karena saya tidak menemukannya, akhirnya saya punya pikiran untuk melihat-lihat secara lebih detail barangkali ada hal yang bisa diambil sebagai pelajaran untuk saya, sekalian di videokan agar menjadi konten di blog sekaligus di youtube.

Pelajaran apa yang dapat saya ambil disana? Berikut ini beberapa kesimpulan yang mungkin bisa bermanfaat untuk saya :
1. Kembang kol dengan polikultur yang berbunga banyak di bagian pinggir, sedangkan yang di tengah jarang berbunga.
2. Tips menanam tumpang sari agar tidak saling menghalangi adalah dengan menyusun gundukan tanah searah matahari terbit dan terbenam, alias dari timur kebarat.
3. Kombinasi tanaman tumpang sari harus sesuai, misal umur panen dan ketinggian agar tidak saling menutupi sinar matahari yang merupakan bahan untuk fotosintesis tanaman.

Jika sahabat penasaran, monggo dilihat videonya ya di atas, semoga postingan saya pada kali ini bermanfaat untuk sahabat yang butuh referensi tentang contoh pola tanam tumpang sari pada dengan kombinasi tanaman tomat dan kembang kol.