Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Pesawat R80 2020

mazmuiz, Pesawat terbang R80 merupakan pesawat rancangan presiden ke 3 Indonesia yaitu Eyang BJ Habibie untuk Indonesia, bagaimana perkembangan pesawat R80 ini? Jawabannya masih dalam proses hingga sampai saat ini. Uji demi uji perlu dilakukan untuk menyempurnakan model dan konsep pesawat terbang kebanggaan bangsa.

Saya sendiri sebagai seorang blogger juga menantikan pesawat terbang penumpang karya anak bangsa seperti r80 mengudara dan digunakan untuk berbagai kebutuhan masyarakat, ada rasa bangga di dada ku dengan adanya pesawat ini, ya walaupun masih lama sih menurut informasi akan terbang di tahun 2024 ya gak masalah, mendengar perkembangannya saja sudah membuat senang.

Informasi yang saya dapat sih dalam proyek pembuatan pesawat R80 juga diadakan penggalangan dana melalui kitabisa.com dan sampai saat ini total yang diperoleh sudah mencapai 9 miliar lebih. Walaupun tergolong sedikit sih dari total kebutuhan mencapai 200 miliar, tetapi angka 9 miliar cukup besar sebagai bukti dukungan dari masyarakat tentang pesawat terbang R80 ini.

Pertanyaan selanjutnya, lalu bagaimana perkembangan proyek pembuatan pesawat R80 ini ? Pada blog kesayangan saya ini akan saya informasikan update terbaru dari pembuatan pesawat R80 ini, berikut ini paparannya :

Info Terbaru Pesawat R80 
Uji Baling-Baling Kanan dan Kiri Model Pesawat R80 
Uji ini dilakukan pada tanggal 10 atau 11 Januari 2020 dan menunjukan hasil yang baik, baling-baling kanan dan kiri berputar sesuai rencana dan perputaran motor maupun temperatur bearing motor dapat diamati dengan baik.

Perkembangan Pesawat R80 2020
Model pesawat R80 uji baling-baling kanan dan kiri

Rencana selanjutnya akan melakukan uji Power On pada model yang sama, kita tunggu aja ya perkembangan selanjutnya. Dua bulan yang lalu info perkembangan pesawat R80 menunjukkan desain cockpit dan mendapat masukan dari First Officer dari Garuda untuk desain cockpit.

Mari kita nantikan perkembangan terbaru pesawat R80 untuk uji Power On ya, dan akan saya update pada halaman ini, mungkin 2 minggu lagi ada informasi terbaru. Sampai jumpa pada update selanjutnya.