Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanaman Kelapa Dalam Pot, Kenapa Tidak ?

mazmuiz. Menanam kelapa dalam pot ? kenapa tidak ! dan tidak ada salahnya jika kita melakukan hal itu, selama tidak merugikan orang lain dan kita senang melakukannya. Walaupun pohon kelapa tergolong tanaman besar dengan tinggi hingga mencapai 15 meter kelapa juga bisa dijadikan tanaman hias dengan di tanam dalam pot, ya nantinya akan menjadi kelapa bonsai atau kerdil.

Hal yang perlu diperhatikan jika ingin menanam tanaman kelapa di dalam pot atau planter bag adalah memilih jenis kelapa yang akan ditanam. Sebab ada jenis kelapa yang kecil dan besar baik ukuran dan tinggi tanaman dewasa nya. Kalau menurut saya pribadi sih sebaiknya memilih kelapa jenis gading, ciri-ciri  kelapa ini ukuran buahnya kecil dan berwarna kuning atau hijau. Jenis kelapa ini berbuah lebih cepat, dan ukuran pohon pendek. 

Bagaimana dengan pemilihan pot? Pohon kelapa kan besar, jadi silahkan untuk membeli pot yang besar, jika dirasa harganya mahal bisa menggunakan alternatif lainnya yaitu menggunakan planter bag. Cara ini digunakan jika sahabat ingin menanam kelapa hingga berbuah.


Berbeda lagi jika menanam kelapa untuk dijadikan bonsai, tidak dibutuhkan pot yang besar sudah bisa hanya saja pertumbuhan kelapa akan sangat lama dan tempurung kelapa tidak ikut tertanam, jadi tempurung ada di permukaan tanah atau menggantung diatas akar tanaman. kelapa model seperti ini cocok dijadikan hiasan di teras rumah. 

Apakah ada orang menanam kelapa di pot atau planter bag hingga ukuran tanaman besar? Jawabannya ada, kemarin ada orang yang membagikan koleksi tanaman hias nya dan salah satu di dalamnya ada pohon kelapa yang di tanam di planter bag yang besar, mungkin volume planter bag itu sekitar 500 liter. Namun sayangnya belum berbuah kena belum memiliki batang solid dan tergolong masih muda. 

Penasaran dengan pohonnya ? Di bawah ini fotonya : 

Tanaman Kelapa Dalam Pot, Kenapa Tidak ?
Planter bag buat tanam kelapa juga bisa

Tanaman Kelapa Dalam Pot 1
Tanaman kelapa dalam pot 

Dua foto di atas menunjukkan bahwa menanam pohon kelapa bisa di dalam pot, hanya saja kita butuh sumberdaya ekstra untuk mengimplementasikan hal ini. Kita juga butuh halaman yang cukup luas agar kanopi atau tajuk tanaman tidak mengganggu saluran kabel di atas atau rumah milik tetangga. 

Kelebihan menanam tanaman kelapa dalam pot atau planter bag adalah untuk perawatan dan pemupukan akan lebih terkontrol, selain itu akar pohon tidak akan merusak dinding tembok disekitar tanaman. Selain itu juga untuk membantu menyuplai oksigen yang segar di rumah kita dan tetangga. Kalau sudah berbuah kita dapat memanennya untuk kebutuhan pribadi, kan lumayan sekarang harga kelapa muda 8rb sampai 10rb perbuahnya. 

Bagaimana? Apakah sahabat tertarik untuk menanam kelapa di dalam pot? Jika iya, silahkan cari dulu bibitnya, kemudian siapkan pot atau planter bag yang besar dan tanah yang subur sebagai media tanamnya. Semoga sukses dan sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya.