Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Daun Kelor Yang Baik Untuk Dimasak

Memilih daun kelor untuk dimasak harus tepat agar masakan daun kelornya enak dan tidak pahit, daun kelor kaya akan nutrisi dan manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk kesehatan mata (alodokter). Salah satu cara mengkonsumsi daun kelor adalah dengan memasaknya menjadi sayur. 

Sayur kunci dengan bahan utama daun kelor dan kecambah pendek menjadi pilihan keluarga saya untuk mengkonsumsi daun kelor, kalau rasa gak pernah bohong, daun kelor diolah  menjadi sayur kunci memiliki rasa yang nikmat apalagi dimakan dengan lauk ikan goreng. 

Kembali lagi ketopik, dalam memilih daun kelor yang baik untuk sayur adalah daun kelor yang masih muda, karena selain teksturnya yang lembut dan tidak kaku, rasa duan kelor muda tidak terlalu pahit dan cepat matang jika kita masak. 

Berbeda jika kita menggunakan daun kelor yang sudah tua, rasanya akan sedikit pahit, kasar di  mulut dan membutuhkan waktu perebusan yang lebih lama. Konsekuensi jika kita merebus sayur terlalu lama, beberapa nutrisi akan rusak sehingga manfaatnya akan berkurang. 

Cara memetiknya bisa langsung dari tangkai ranting atau bisa langsung dari tangkai daunnya. Setelah daun kelor kita bawa pulang, kita pisahkan daun kelor dari tangkainya ya. jadi yang kita masak daunnya saja, tangkainya kita buang atau di jadikan kompos. 

Setelah kita dapatkan daun kelor murni, selanjutnya tinggal dimasak deh sesuka hati. Bisa kita cemplungkan pada mie rebus atau seperti keluarga saya, yaitu dimasak sayur kunci. 

Di bawah ini video di channel youtube saya (MazMuiz), saat mengambil daun kelor untuk dimasak. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk sahabat.