Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Paling Mudah Memanfaatkan Air Cucian Beras Untuk Tanaman

Kali ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana cara memanfaatkan air cucian beras atau air leri untuk menyuburkan tanaman baik itu di ladang ataupun di pot (tabulampot), cara ini tergolong paling sederhana dan sangat mudah untuk kita terapkan di rumah. Selain tanpa bahan kimia, kita cukup menyediakan air leri dan satu sendok makan gula saja, tidak perlu mol atau bakteri starter.

Memanfaatkan Air Cucian Beras Untuk Tanaman

Bahan dan Alat 
1. Air cucian beras (air leri)
2. Gula merah/gula pasir
3. Botol minuman bekas ukuran 1,5 liter.

Cara Membuatnya 
  • Tuangkan air cucian beras kedalam botol bekas sampai mendekati penuh, apabila air leri kurang penuh bisa ditambah air biasa hingga mendekati penuh
  • Tambahkan 1 sendok gula merah (lebih baik) jika tidak ada bisa menggunakan gula pasir, lalu kocok hingga merata. 
  • Tutup botol dan diamkan selama 6-8 hari, jangan lupa setiap hari dibuka tutup botolnya dan pasang kembali, hal ini untuk membuang gas yang ada di dalam botol karena proses fermentasi.
Cara Menyiram Tanaman Dengan Ramuan Air Leri
Ambil air sekitar 5 liter menggunakan ember, selanjutnya tuangkan air leri yang sudah difermentari sebanyak 250 ml atau setara dengan 1 gelas air mineral. Larutkan dan siram ke media tanam. 

Manfaat Bagi Tanaman
Tanaman yang disiram dengan air leri akan memiliki daun yang kuat dan sehat, selain itu akan membuat tanaman berbuah lebat. Air leri mengandung bakteri yang baik untuk media tanaman. 

Silahkan dicoba di rumah ya, karena metode ini sangat simpel dan praktis, semua orang bisa memperaktekannya. Demikian informasi tentang Cara Paling Mudah Memanfaatkan Air Cucian Beras Untuk Tanaman, semoga bermanfaat.