Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pupuk Kandang Kotoran Ayam Untuk Tabulampot

Kotoran ternak dapat diolah menjadi pupuk kompos yang sangat bagus sebagai media tanam tabulampot, salah satunya adalah kotoran ayam atau disingkat kohe (kotoran hewan) ayam. Salah satu anggota group pecinta tabulampot memberikan kesaksiannya dalam menggunakan kohe ayam yang sudah matang (menjadi kompos) dapat mempercepat tanaman tabulampot cepat berbuah. 

Bahkan untuk bibit tabulampot unggul (hasil okulasi dan cangkok) tidak perlu menunggu tahunan, cukup menunggu hitungan bulan saja tanaman sudah mulai berbakti untuk berbuah atau berbunga. Berikut ini beberapa tanaman tabulampot yang cepat berbuah dengan media kompos dari kohe ayam. 

  1. Buah Naga : bibit ukuran 40 cm setelah 6 bulan sudah belajar berbuah
  2. Delima merah arab : Menanam dari biji setelah 8 bulan sudah belajar berbuah
  3. Jambu kristal : Beli bibit dari cangkok tinggi 50 cm, setelah 3 bulan tanam sudah belajar berbuah
  4. Pohon Tin : Jenis BT dan YI beli fc dengan tinggi 50 cm, tiga bulan pasca tanam sudah berbuah lebat. 
  5. Tanaman Futsa : lima bulan setelah tanam berbuah lebat. 
  6. Mangga Varietas 69: Beli bibit dari hasil okulasi tinggi awal beli 60 cm, setelah empat bulan pasca tanam semua cabang berbunga.

Jadi itu sahabat, kesaksian salah satu anggota group tabulampot yang saya ikuti, saya juga berencana untuk memperaktekkannya. Owh iya untuk membuat media tanam tabulampot dari kompos ayam harus dipersiapkan setidaknya 3 minggu ya, dengan komposisi kompos kohe ayam, arang sekam dan tanah biasa, siram setiap hari. 

Jangan membuat media tanam hari ini dan langsung menanam tanaman pada hari ini juga, karena tanaman akan rawan mati, oleh sebab itu jika sahabat mau menanam tabulampot 3 minggu lagi, sahabat bisa membuat media nya hari ini. Semoga inforamsi ini bermanfaat.