Cara Mengembalikan Barang COD di Shopee Yang Tidak Sesuai Berdasarkan Pengalaman
Belanja online memang menjadi pilihan banyak orang di era digital ini, termasuk dengan menggunakan layanan Cash on Delivery (COD) yang menjadi opsi pembayaran yang banyak diminati. Namun, terkadang kita sebagai pembeli mengalami kejadian yang tidak diinginkan seperti menerima barang yang tidak sesuai dengan pesanan. Melalui pengalaman yang telah saya alami, berikut adalah cara mengembalikan barang COD di Shopee yang tidak sesuai dengan pesanan dengan mudah dan efektif.
Cerita bermula ketika istri saya membeli 3 pcs barang di shopee dengan pembayaran COD, namun setelah barang sampai ternyata tidak sesuai dengan yang di pesan. Pesen 3 pcs namun yang datang hanya 2 pcs saja, selain itu ukuran yang sesuai cuma 1 pcs sehingga ini membuat istri menjadi kecewa.
Lalu saya menyarankan dia untuk mengajukan pengembalian barang kepada toko yang di pesan melalui chat dan jangan klik pesan diterima dulu karena jika sampai di klik barang diterima maka pihak shopee akan menganggap pesanan kita sudah sesuai dan selesai, adapun jika ada kesalahan pada pesanan kita, penyelesaiannya tergantung dari kebijakan toko dan shopee tidak akan ikut campur.
Chat pengajuan pengembalian barang ke seller shopee |
Menghubungi Seller Untuk Pengembalian Barang Tidak Sesuai
Istri saya langsung menghubungi penjual dan menginfokan bahwa pesanannya sudah sampai tetapi tidak sesuai, lalu kami menjelaskan bahwa barang yang di kirim cuma 2 pcs dan ukuran 1 pcs lainnya tidak sesuai jadi yang cocok barangnya cuma 1 pcs.
Ketika Anda mengalami hal ini jangan panik tetapi harus tenang, sampaikan secara sopan kepada seller/toko bahwa paketnya ada yang tidak sesuai dengan yang dipesan. Saat menghubungi seller sebaiknya siapkan bukti paket yang tidak sesuai seperti video saat buka paket ataupun foto produknya.
Beberapa seller di shopee mensyaratkan video saat buka paket apabila ingin meretur barang yang tidak sesuai atau barang mengalami cacat. Namun jika Anda tidak sempat untuk memvideokan dan terlanjur paket sudah di buka, ada baiknya juga di sampaikan ke pada penjual kalau tidak sempat memvideokan karena yakin paketnya akan sesuai pesanan.
Mungkin beberapa toko akan menolak klaim dari Anda jika tanpa video unboxing (video saat buka paket), namun ada juga toko di shopee yang tetap menerima klaim walaupun tanpa video dan cukup dengan foto paket yang tidak sesuai. Sama seperti yang di alami oleh istri saya baru-baru ini, sudah terlanjur di buka tapi belum sempat memvideokan saat buka paket, namun saya jelaskan bahwa kami pikir paketnya sudah sesuai ternyata setelah di buka paketnya salah.
Toko yang kami pesanpun memutuskan menerima klaim kami sehingga menyarankan untuk mengajukan pengembalian barang di aplikasi shopee, lalu kami ajukan dan pihak toko mengkonfirmasi permintaan kami untuk mengembalikan barang.
Lalu Bagaimana Jika Toko Menolak Untuk Pengembalian Barang?
Anda bisa banding ke Customer Service shopee melalui pusat bantuan dan sampaikan permasalahan yang dialami. Pihak shopee akan membantu mediasi antara Anda dan pihak toko serta memutuskan untuk menerima permintaan pengembalian barang atau tidak.
Jika Anda kalah dalam banding maka uang Anda tidak bisa di kembalikan atau tidak bisa diganti dengan barang lain, hal terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan review produk dengan komentar kecewa dan masalah yang di alami pada penilaian produk, selain itu berikan bintang yang sesuai dengan pelayanan seller dan produknya, kalau saya jadi Anda maka saya kasih reting bintang 3 ke bawah dan memberikan komentar bahwa paket yang di kirim tidak sesuai karena kelalaian.
Mekanisme Pengembalian Barang COD Yang Tidak Sesuai Ke Toko/Seller Shopee
Jika toko menerima komplain dan berkenan untuk mengembalikan paket yang tidak sesuai maka langkah-langkah berikut ini bisa Anda lakukan untuk proses retur barang ke penjual:
- Pastikan barang yang ingin Anda kembalikan memenuhi syarat pengembalian, yaitu dalam kondisi baik, belum digunakan, masih ada label harga dan kemasan asli.
- Buka aplikasi Shopee dan masuk ke akun Anda. Buka halaman pesanan yang berisi barang yang ingin Anda kembalikan.
- Tekan tombol "Ajukan Pengembalian" dan pilih alasan pengembalian yang sesuai."
- Tunggu konfirmasi dari penjual untuk pengajuan pengembalian Anda. Jika penjual menyetujui pengembalian, Anda akan menerima petunjuk selanjutnya melalui aplikasi Shopee.
- Kemas barang yang akan dikembalikan dengan baik dan pastikan sudah mencantumkan informasi yang diminta pada label pengembalian.
- Serahkan barang pada kurir untuk dikirimkan ke pihak penjual.
- Setelah penjual menerima barang yang Anda kembalikan dan melakukan pemeriksaan kembali terhadap kondisi barang, Anda akan menerima pengembalian dana sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Biaya Pengembalian Barang Ke Penjual Siapa Yang Menanggung?
Ongkir pengembalian paket akan di tanggung oleh shopee (Gratis), pengalaman saya kemarin retur barang menggunakan J&T. Saat penjual menerima permintaan retur/pengembalian barang maka di aplikasi shopee kita akan menerima kode resi J&T yang diawali dengan kode JP234XXX, kode resi ini di cantumkan pada paket yang akan diretur, jadi tidak usah menulis alamat yang di tuju, cukup tulis aja kode JPXXX yang di dapat pada aplikasi shopee.
Barang sudah diserahkan ke kurir untuk pengembalian barang ke penjual |
Datang langsung ke konter J&T terdekat dan serahkan paketnya, bilang aja ke petugasnya " Kak titip paket dari shopee, bantu cek ya kak apa sudah ditanggung shopee paket ini" petugas akan paham kalau paket tersebut ongkirnya di bayar shopee.
Setelah paket diterima oleh penjual, maka mereka akan mengecek paket kita, apakah barang yang diretur kondisinya sudah sesuai dengan yang kita sampaikan. Jika sudah sesuai maka penjual akan mengkonfirmasi paket sudah diterima dan pihak shopee akan mengembalikan uang senilai paket yang di retur/kembalikan melalui shopeepay.
Pengembalian dana dari shopee melalui shopeepay |
Catatan
Misalkan Anda membeli 3 pcs barang, namun yang sesuai dengan order kita cuma 1 pcs, maka yang di retur 2 pcs barang yang tidak sesuai ke penjual, dan uang di ganti juga senilai dengan 2 barang yang kita kembalikan.
Pada kasus saya kemarin membeli barang 3 pcs namun yang datang cuma 2 pcs, tetapi barang yang datang 1 pcsnya ukurannya tidak cocok, sehingga ketika saya retur barang ke penjual saya hanya mengirim 1 psc yang ke besaran, tetapi penjual mengembalikan uang senilai 2 pcs barang yang saya order karena ada dua kesalahan dari pihak penjual yaitu pertama barang yang di kirim kurang dan yang kedua 1 barangnya kebesar.