Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Terbaik Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Makanan Enak untuk menjaga kesehatan mata -  Menjaga kondisi tetap terbaik adalah kewajiban kita sebagai manusia yang di karunia penglihatan oleh sang maha kuasa. Salah satu caranya adalah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi oleh mata kita seperti paling umum kita ketahi adalah vitamin A.
Makanan terbaik untuk menjaga kesehatan mata
Sebenarnya tidak hanya vitamin A saja yang di butuhkan oleh mata, ada nutrisi lain yang perlu di asup agar kondisi kesehatan alat penglihatan tetap terjaga kesehatannya. Misal yang masih jarang kita dengar adalah Lutein dan Zeaksantin, vitamin C, vitamin E, Asam Lemak Esensial, Zinc dan Sulfur yang memiliki peran masing-masing untuk mata. Baca Juga Nutrisi Yang Di Butuhkan Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Berbagai Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata

1. Sayur Sawi Kaya Lutein

Jangan pandang remeh sayuran enak ini saat di jadikan menu tambahan makanan kita, karena sawi merupakan sayur yang memiliki lutein yang merupakan nutrisi yang di butuhkan oleh mata. Lutein adalah sejenis antioksidan yang di teliti terbukti mampu mengurangi resiko penyakit kronis pada mata seperti katarak.

2. Telur Unggas 

Aneka olahan makanan saat ini banyak menggunakan telos, seperti pembuatan roti, membuat lauk telor mata sapi dan lain sebagainya. Tapi jangan salah kalau manfaat telor juga bagus untuk menjaga kesehatan mata, mengapa? karena mengandung anti oksidan Zeaksantin yang mengurangi terkena penyakit mata kronis.

3. Bayam

Sayur yang terkenal jadi maskotnya film popay ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata, karena juga mengandung vitamin C yang di butuhkan mata. Sebanarnya buah justru lebih banyak vitamin C nya, berhubung pada konteks artikel ini saya fokuskan pada makanan. Kunjungi juga : Buah Untuk Kesehatan Mata untuk mengkonsusmi baya di anjurkan untuk di masak terlebih dahulu, karena bayam memiliki semacam racun, jadi untuk di konsumsi harus di masak agar racunnya netral, tapi harus di ingat bahwa kalau terlalu matang kandungan vitamin C akan rusak. 

4. Kacang Tanah Dan Ubu Jalar

Mengapa makanan ini termasuk baik untuk kesehatan mata? Karena makanan ini banyak menagandung vitamin E yang berguna sebagai asupan nutrisi mata. Fungsi vitamin E pada mata adalah untuk melindungi sel-sel yang ada pada mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Dan salah satu sumber vitamin E adalah kacang tanah dan Ubi Jalar.

5. Ikan Salmon Dan Tuna (Tongkol)

Ikan ini mengandung Omega 3 yang cukup tinggi. Karena juga termasuk dalam jenis makanan yang mampu menjaga kesehatan mata. Alasannya karena omega 3 berperan penting untuk perkembangan visual dan fungsi retina mata.

6. Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan sulfur, kandungan ini berfungsi untuk menjaga lensa mata anda tetap kuat. Beruntungnya anda bisa mendapatkan sumber sulfur ini dari bawang putih yang sangat mudah kita jumpai.

Setelah makanan telah anda konsumsi memenuhi kebutuhan mata, alangkah baiknya juga menjaga mata dari aktifitas - aktifitas yang membahayakan mata. Demikian pembahasan mengenai Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Mata. Semoga bermanfaat dan salam senyum :-)
Sumber gambar : makananuntukdietsehat.com