Obat Mata Bengkak Tidak Boleh Sembarangan Bahaya

Terjadinya bengkak pada mata dapat menjadi salah satu tanda bahwa mata dalam keadaan tidak normal, dan tidak semua obat mata bisa mengatasi kebengkaan yang terjadi karna beberapa penyebab yang berbeda sehingga obat yang di berikan juga haruslah berbeda. 

Obat mata bengkak tidak boleh sembarangan Bahaya

 Setelah mencoba mencari informasi dengan mengunjungi banyak situs yang menyediakan info tentang kasus mata yang bengkak dan obatnya, hampir semua artikel memberikan cara yang sama dengan kasus yang mirip. Rata-rata membahas bengkak pada kelopak mata karena alergi dan kurang istirahat. Sehingga ketika saya mencari di google kasus mata bengkak dengan ada nyeri dan berwarna merah sulit saya dapatkan. Tapi akhirnya dapat juga. Baca Juga Makanan Untuk Kesehatan Mata

Kasus mata bengkak boleh sama tetapi sesunggunya jenis sakit mata yang mengakibatkan bengkak itu ada banyak, jadi untuk mengatasinya juga butuh penanganan yang hampir berbeda sesuai dengan penyebnya. Berikut ini informasi yang saya peroleh :

Macam-Macam Penyakit Yang Mengakibatkan Mata Bengkak Beserta Ringkasan Obatnya


Trakoma (Dapat Menular)

Gejala dari penyakit ini  mata mengeluarkan kotoran, mata memerah, kelopak mata membengkak, kelenjar getah bening dan kornea terlihat keruh. Ini disebabkan karena infeksi oleh bakteri Chlamydia trachomatis yang berkembang biak di tempat yang kotor dan bersifat dapat menular, sakit ini umumnya menyerang anak-anak dengan lingkungan yang kurang bersih dan bisa melalui tangan saat menggosok mata.

Langkah Penanganan :

Hindarkan dari orang lain peralatan ataupun benda yang telah dipaki oleh penderita. Memberikan salep antibiotika yang mengandung erthromycin dan tetracycline umumnya akan diberikan selama satu bulan bahkan lebih. Apa bila tidak segera ditangani bisa menyebabkan pembentukan jaringan parut pada kornea sehingga menyebabkan bulu mata melipat ke dalam lalu terjadi gangguan penglihatan. Pembedahan mungkin perlu dilakukan jika terjadi kelainan bentuk pada kelopak mata atau kornea.

Keratokonjungtivitas Vernalis (KV)

Gejala yang umum terjadi adalah mata berair, memerah, gatal, kelopak mata membengkak dan keluarnya kotoran mata. Biasanya KV berifat musiman yang memungkinkan penderitanya kambuh setelah sembuh umumnya di musim panas. Kadang ada penderita Keratokonjungtivitas Vernalis yang mengalami kerusakan pada sebagian kecil kernea sehingga menyebabkan nyeri akut. 


Langkah Penanganannya 
Hindari dari menggosok mata atau menyentuhnya karena dapat mengakibatkan iritasi, salh satu langkah mengatasinya dengan mengompres mata menggunakan air hangat, Seorang Dokter biasanya akan memberikan obat tetes mata. 

Selulitis Orbitalis (SO)

Memiliki gejala mata memerah, terasa nyeri, kelopak mata bengkak, bola mata menonjol dan membengkak, disertai juga demam. Penyakit ini di akibatkan terjadinya peradangan di sekitar bola mata. Pada anak kecil selulitis orbitalis terjadi biasanya karena cideramata, infeksi sinus atau infeksi dari gigi. Umumnya dokter akan melakukan CT Scan pada gigi atau mulut serta sinus untuk memastikan penyebabnya. Kalau tidak segera mendapatkan penanganan akan berakibat fatal, seperti buta, dan pembekuan darah di otak. 

Langkah Penanganannya
Jika kasus tergolong ringan, dapat diberikan antibiotika secara oral. Sedangkan pada kasus yang parah akan diberikan antibiotika melalui pembuluh darah atau melakukan pembedahan untuk mengeluarkan nanah atau mengeringkan sinus yang terinfeksi.

Blefaritis

Gejala blefaritis mata memerah serta panas, ada nyeri, gatal, terdapat luka di kelopak mata disertai bengkak bahkan rontoknya bulu mata. Ini di akibatkan terjadinya peradangan pada kelopak mata akibat dari kelebihannya prduksi minyak yang berasal dari lapisan mata. Blefaritis ini dibagi menjadi dua jenis yaitu blefaritis anterior (peradangan mata bagian luap depan yaitu di melekatnya bulu mata, disebabkan bakteri stafilokukus). Dan blefaritis posterior (peradangan di kelopak mata bagian dalam, bagian kelopak mata dan bersentuhan dengan mata, disebabkan adanya kelainan pada kelenjar minyak).

Langkah Penanganannya
Sering membersihkan sekitar kelopak mata untuk menghilangkan kelebihan minyak dengan menggunakan pembersih khusus. Serta gunakan Salep antibiotika untuk membunuh bakteri.

Dakrosistitis

Penyumbatan yang di sebabkan alergi yang mengakibatkan terserang dakrosistitis memiliki gejala rasa nyeri di sekitar kantung air mata, berwarna merah dan bengkak dan kadang dapat mengeluarkan nanah serta mengakibatkan demam. Alergi yang menyebabkan penyumbatan pada duktus nasolakrimalis (saluran yang mengalirkan air mata ke hidung).

Langkah Penanganannya
Memberikan antiobiotika oral atau melalui pembuluh darah. Pengompresan dengan air hangat di sekitar kantung air mata. Pembedahan perlu dilakukan jika terjadi kantung nanah.

Demikian beberapa penyakit mata yang menimbulkan mata bengkak beserta obat dan penanganannya, semoga memberikan manfaat. Sampai jumpa salam senyum :-)
Sumber image :healthyfamily9.com
loading...
Blog, Updated at: 16.13.00

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih sudah Berkunjung. Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi